tak-ada-pesta-tahun-baru-di-kota-surabaya-hanya-ada-pengajian

Surabaya – Malam Tahun Baru 2017, Kota Surabaya akan berbeda dengan Kota lainnya. Sebab tidak ada pesta kembang api atau hiburan musik, hanya ada gelar doa bersama di dua titik, yaitu di Tugu Pahlawan dan Jalan Kranggan.
Dapatkan diskon Rp 300,000 untuk tiket libur Natal & Tahun baru-mu

Meski begitu, pengamanan di Kota Pahlawan ini tetap ketat. Setidaknya ada 2.197 personel gabungan dari TNI/Polri dan instansi terkait. Kemudian ada empat unit khusus terdiri dari Sabhara dan Brimob Polda Jawa Timur, yang akan ditempatkan di pusat kota.

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol M Iqbal akan menindak tegas warga yang menyalakan mercon. “Di Surabaya tidak ada konser musik terbuka, tidak ada pesta kembang api, tidak ada mercon-merconan. Di Surabaya hanya ada pengajian (doa bersama) di dua titik, yaitu yang pertama di Jalan Pahlawan dan di Jalan Kranggan. Kita ingin Surabaya tetap kondusif saat malam pergantian tahun baru nanti,” terang Iqbal di Mapolrestabes Surabaya, Jumat (30/12) sore.

Kabag Ops Polrestabes Surabaya, AKBP Bambang S Wibowo menambahkan, meski tidak ada perayaan pergantian malam tahun baru, pengamanan kota tetap dilakukan secara ketat.

Pola pengamanannya, di ring satu (pusat kota) akan diterjunkan 694 personel gabungan yang akan berjaga di 52 titik vital, salah satunya di Gedung Grahadi Surabaya. Kemudian di ring penyangga 392 personel di 67 titik, salah satunya di Kebun Binatang Surabaya (KBS).

“Selanjutnya di ring penyangga gabungan, yaitu titik terluar Kota Surabaya atau pintu masuk kota. Ada 13 titik terluar yang akan dijaga 496 personel,” terang Bambang.

Bambang menjelaskan, 13 titik terluar Kota Surabaya di antaranya Bunderan Waru (pintu masuk sisi selatan), Simpang 4 Dupak-Demak (pintu masuk utara), Kedung Cowek (pintu masuk sisi timur), serta beberapa titik lain.

“Jadi, karena di Surabaya tidak ada perayaan, dipastikan tidak ada hiburan di ruang terbuka, tapi hanya ada dua pengajian, maka kita imbau bagi warga luar kota yang ingin mencari hiburan saat malam Tahun Baru 2017, sebaiknya ke kota lain. Karena Surabaya tidak ada pesta tahun baru,” imbau Bambang.

Sementara itu, Kasat Lantas Polrestabes Surabaya, AKBP Adewira Siregar menegaskan, pihaknya akan menindak tegas warga yang masuk ke Kota Surabaya dengan cara berkonvoi.

“Jika ada kendaraan yang berkonvoi masuk ke Kota Surabaya, akan kita halau. Jika tetap menerobos masuk, motor akan kami sita dan kami angkut menggunakan truk yang sudah kami siapkan,” tegas Adewira.