ffd655be-7a43-4c89-a8e6-dc73104afe76_169

Surabaya – Perayaan malam tahun baru di Kota Surabaya berjalan aman meski masyarakat tumplek blek memenuhi jalan protokol, Minggu (1/1/2017).

Konsentrasi masyarakat yang keliling mengendari motor dan mobil terlihat di Jalan Gubernur Suryo, Panglima Sudirman, Basuki Rachmat, Tunjungan, Embong Malang, Raya Darmo maupun jalan protokol di jantung kota.

Taman Bungkul di Jalan Raya Darmo juga terlihat penuh sesak. Demikian pula di sekitaran Tugu Bambu Runcing di Panglima Sudirman maupun Taman Apsari di depan Gedung Negara Grahadi.

Sementara di depan Gedung Balai Kota Surabaya juga tak kalah ramainya dengan ruas jalan lainnya. Bahkan kader PDI Perjuangan menggelar pesta kembang api di Jalan Wali Kota Mustajab saat detik-detik pergantian tahun 2016 ke 2017.

Lingkungan Balai Kota Surabaya sendiri disterilkan dari aktivitas perayaan tahun baruan. Jalan Sedap Malam yang menuju ke balai kota ditutup oleh petugas Dinas Perhubungan dan dijaga Satpol PP.

Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol M Iqbal bersama Danrem 084 Bhaskara Jaya Kolonel Czi Denny Herman melakukan patroli dengan mengendarai sepeda motor dengan pasukannya.

Patroli digelar setelah keduanya mengikuti doa bersama di Balai Kota Surabaya bersama Wali Kota Tri Rismaharini. Keduanya yang sempat mengendarai motor matic masing-masing akhirnya berboncengan.

“Setelah melakukan patroli bersama dipastikan kondisi Surabaya aman, kondusif. Terima kasih untuk semua warga Surabaya yang telah ikut menjaga ketertiban dan keamanan bersama,” kata M Iqbal pada detikcom.

Iqbal tidak memungkiri ada beberapa kawasan yang mengalami kepadatan namun bisa dicairkan. Lalu lintas tetap mengalir sehingga kemacetan terhindarkan.

“Meski ada kepadatan lalu lintas tetap mengalir karena kita terapkan penutupan batas kota dan menghalau kendaraan dari luar untuk tidak masuk ke dalam Kota Surabaya,” imbuhnya.

Pantauan detikcom pada Pukul 02.00 Wib, suasana di Kota Surabaya berangsur senyap. Kendaraan warga yang hilir mudik merayakan pergantian tahun sudah berangsur sepi. Hanya saja sempat terjadi insiden kecil di Jalan Diponegoro.

Di depan SPBU, ratuan motor berhenti di tengah jalan dan menggeber gas sehingga suara knalpot membuat bising sekitarnya.