jokowi-ikan-tongkol-696x390

Lintas-surabaya.com – Lagi-lagi, netizen dibuat heboh dengan video viral yang dibagikan akun FB milik Mahendra Dewanatara. Pasalnya, dalam video tersebut seorang anak SD yang belum diketahui namanya itu telah salah menyebutkan nama jenis ikan, menjadi nama jenis kelamin laki-laki.

Entah sangking groginya atau bagaimana, kekeliruan itu dilakukan tepat dihadapan Presiden RI, Joko Widodo. Kejadian terjadi pagi ini dalam acara Rembug Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2017 di Jakarta Internasional Expo. Sontak, orang nomor satu di negeri ini pun tersenyum dan memancing tawa setiap audience yang datang.

Dalam video itu, anak yang berdiri bersama dua siswa SMP itu mendapat kuis dari Jokowi untuk menyebutkan empat jenis ikan. Dia pun menyebut nama ikan Lele, Teri, dan Paus. Namun saat menyebut jenis ikan yang ke empat, lidahnya pun terpeleset.

“Lele, Paus, Teri, dan Ko***l,” sontak, dua siswa SMP yang ada disampingnya pun langsung bereaksi dengan tersenyum dan menjawil siswa yang mengenakan seragam Merah Putih itu.

Presiden Jokowi pun kembali memberi pertanyaan dengan gurauan, akan memberi hadiah sepeda kalau siswa tersebut berhasil menyebutkan empat jenis ikan.

“Ayo, disebutkan, nanti dapat hadiah sepeda loh,” kata Jokowi.

Meski sudah ke dua kalinya, siswa SD itu pun masih salah menyebutkan, dan kembali membuat gelak tawa seisi gedung. Tapi akhirnya, ia berhasil menyebutkan dengan sempurna, nama ikan Tongkol.

“Ooo, ikan Tongkol, bagus,” ucap Jokowi dan disambut tepuk tangan para audience.