47572981_1966537200128746_7095020896200425472_n

Pernikahan merupakan waktu moment yang spesial bagi pasangan dan keluarga pasangan. Patinya di dalam pernikahan dengan orang-orang berpakaian bahagia, dekorasi yang indah dan banyak item menu makanan yang luar biasa. Apabila ada satu peristiwa dalam hidup Anda yang harus dilakukan, itu adalah pernikahan Anda. Apakah Anda merencanakan pernikahan dengan benar dan setiap detail harus mencerminkan pentingnya hari istimewa Anda.

Salah satu yang harus direncanakan secara matang yaitu urusan catering pernikahan. Dapat dikatakan catering pernikahan merupakan anggaran yang terbesar dalam suatu pernikahan. Di bawah ini merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi harga catering pernikahan dan bagaimana Anda dapat memotong pengeluaran dengan perencanaan yang tepat, yaitu sebagai berikut:

  1. Skala pernikahan
    Sebagian besar penyedia jasa catering pernikahan mengenakan biaya per pax. Apakah Anda mengundang 100, 200 atau 500 tamu, jasa catering akan menagih Anda sama. Saat menyewa catering, ada baiknya dan akan lebih bijaksana untuk mencatat jumlah tamu yang akan diundang. Sehingga dalam hal ini Anda harus membuat daftar lengkap, dengan membuat daftar lengkap, Anda akan mengetahui data tentang jumlah tamu pernikahan.
  2. Tamu yang tak terduga
    Yang dimaksud tamu yang tak terduga yaitu teman atau kerabat tamu Anda mungkin menemani mereka di pernikahan. Hal ini yang cenderung meningkatkan konsumsi makanan di hari pernikahan Anda, dan mempengaruhi anggaran catering pernikahan.
  3. Variasi harga katering
    Tentunya, Anda akan menemukan beberapa jasa catering pernikahan dengan layanan dan harga yang berbeda. Apabila Anda ingin mengelola budget catering pernikahan secara efisien, maka saat memilih catering pernikahan, pilih salah satu yang sesuai dengan budget yang Anda miliki.
  4. Perencanaan yang tidak tepat
    Perencanaan yang tepat merupakan rahasia dari fungsi pernikahan yang sukses. Sebaliknya, apabila perencanaan yang tidak tepat akan menyebabkan kesalahan. Perencanaan yang tepat disini yaitu mengenai catering. Mempertimbangkan merencanakan menu makanan, berdiskusi terlebih dahulu tentang waktu persiapan, presentasi, dan penyajian.
  5. Kualitas catering
    Kualitas catering ini tidak boleh dikompromikan dalam hal pernikahan. Sehingga, Anda harus memiliki catering pernikahan yang terbaik untuk menyajikan makanan serta layanan yang berkualitas untuk tamu undangan yang hadir. Catering pernikahan yang baik akan selalu memberikan layanan terbaik sesuai budget Anda. Saat merencanakan pernikahan Anda, pilihlah katering yang dapat memberikan yang terbaik dengan harga lebih murah. Selain itu, jangan lupa untuk tawar-menawar dengan catering Anda tentang biaya per pax.

Di atas merupakan beberapa faktor paling penting yang akan menentukan biaya catering pernikahan Anda. Apabila Anda merencanakan dengan baik dan menghabiskan waktu dengan cerdas, Anda dapat memotong biaya catering hingga 15-20%. Khususnya bagi pasangan yang hendak menikah sebelum merencanakan catering pernikahan di Jakarta, pastikan Anda mencari layanan catering jakarta murah yang menyediakan paket catering di Jakarta. Dengan begitu Anda akan terbantu dalam catering pernikahan dan mendapatkan menu yang kreatif dan segar di pernikahan Anda.

Mengatur Pembelanjaan Catering Prasmanan

Dalam bisnis catering prasmanan memanglah perbelanjaan menjadi salah satu faktor penting penentu keberhasilan dari suatu acara. Pengaturan pembelanjaan yang tepat dapat menghemat pengeluaran atau cost untuk catering Anda. Oleh karena itu sebagai pelaku bisnis catering kita haruslah pandai mengatur costing dari catering Anda.

Pada umumnya costing untuk semua makanan adalah 45-50%, tergantung dari banyaknya menu yang ditawarkan. Costing tersebut hanya untuk bahan pokok makanan belum termasuk dari packaging atau kemasan seperti untuk catering nasi kotak belum termasuk kardus kotakannya, dan jika untuk catering prasmanan belum termasuk dari peralaan piring dan lainnya.

Dalam menentukan costing catering prasmanan di Jakarta utamakanlah bahan-bahan yang bisa kalian stok dalam waktu yang lama, seperti beras, bumbu-bumbu dan bahan lainnya, sedangkan untuk bahan makan daging, ayam, dan ikan bisa kalian stok untuk tiap 3x event maksimal 5x. sedangkan untuk bahan groceries seperti buah dan sayuran bisa kalian beli langsung ketika h-2 atau h-1 event.

Penentuan costing biasanya dilakukan per menu atau per resep, dalam menentukan costing per menu bisa kita lakukan untuk membuat standart recipe nya atau standar resep. standar resep ini berisi bahan-bahan dari menu tersebut. Cermatlah untuk menghitung standar resep dari masing-masing resep yang kalian buat, sehingga pada saat event catering pernikahan di Jakarta nanti kalian tidak perlu bingung lagi menghitungnya.

Untuk metode memasak dalam jumlah besar kalian harus pandai-pandai untuk memilih bahan baku, biasanya kebanyakan pelaku catering prasmanan menggunakan jasa supplier dalam mengatur pembelanjaan. Supplier inilah yang bisa kalian manfaatkan untuk mengatur sirkulasi keuangan catering kalian, karena biasanya supplier dapat dibayar mundur.

Untuk memilih catering di Jakarta yang murah pastinya merupakan suatu hal yang jarang sekali dijumpai, apalagi di zaman yang serba mahal seperti ini, ukuran catering murah di Jakarta sangatlah langka. Berkah catering salah satu pelopor catering murah di Surabaya, hadir di JABODETABEK sebagai salah satu solusi catering pernikahan Anda. Dengan budget catering prasmanan mulai dari 20ribu lengkap dengan dekorasi dan perlengkapannya siap menjadi konsumsi catering pernikahan kalian baik di Jakarta maupun catering pernikahan di Bogor.