27881204_400585193744953_4702612443178729472_n

Catering merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut wirausaha yang melayani pemesanan segala jenis masakan (baik berupa makanan maupun berupa minuman) yang digunakan untuk menjamu tamu pesta maupun untuk keperluan rapat suatu instansi. Karena tidak jarang kita menemui suatu pesta pernikahan yang mengundang banyak tamu. Namun, tuan rumahnya kewalahan dalam membuat suguhan untuk tamunya. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut mereka memesan masakan kepada tempat yang menyediakan catering. Dengan harapan mereka tidak akan kewalahan dalam menjamu tamu undangan. Serta untuk mengefektifkan dan mengefisienkan waktu juga tenaga.

Bisnis catering saat ini bertumbuh pesat seiring tingginya permintaan masyarakat, termasuk para pekerja yang super sibuk. Selain untuk harian, jasa katering menerima pesanan makanan untuk acara syukuran, pengajian, rapat kantor, reuni, makan bersama, khitanan, dan acara lainnya. Di tengah berbagai kesibukan saat ini, banyak orang yang tidak mau repot kotor-kotor di dapur memasak, tidak bisa memasak, atau bahkan sedang menjalani pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat. Semua kebutuhan ini dapat terpenuhi oleh penyedia jasa katering.

Permintaan yang meningkat mendorong bisnis jasa catering di Jakarta menjamur. Soal makanan dari a sampai z mereka semua yang mengurusi, termasuk makanan sehat anda setiap hari. Jadi anda tidak perlu pusing-pusing lagi diribetkan dengan bahan makanan, bumbu dapur, bahkan sampai peralatan makan. Cukup telepon salah satu penyedia jasa catering di Jakarta yang sudah menjadi langganan atau rekomendasi kerabat, semua kesibukan Anda akan teratasi.

Jika anda menggunakan jasa catering pernikahan di Jakarta, secara tidak langsung anda sudah menghemat pengeluaran. Apalagi kalau ditotal selama hari resepsi pernikahan. Jumlah yang bisa dihemat lumayan banyak. Karena anda tidak perlu membeli bahan makanan, memasak, dan mengurusi hal-hal lainnya lagi. Kalau dihitung-hitung, biaya makan bukan cuma harga menu yang anda pesan saja. Namun ada biaya lain, seperti ongkos transportasi setiap kali pergi mencari makan. Belum lagi kalau lapar mata, semua makanan ingin dibeli.

Sekarang coba Anda bandingkan jika menyediakan makanan dari Catering. Dengan harga yang sudah jelas, anda bisa menikmati variasi menu makanan yang berbeda-beda setiap pesan. Ditambah lagi, tidak perlu mengeluarkan ongkos untuk membuat dan lain sebagainya, karena bisa pesan tanpa harus repot memasaknya sendiri. Makanan pun akan dihidangkan dalam acara resepsi pernikahan anda. Buat anda yang super sibuk dan enggan menyiapkan makanan sendiri untuk acara resepsi pernikahan, mungkin anda bisa mulai berlangganan jasa catering pernikahan di Jakarta. Berikut tips memilih penyedia jasa catering pernikahan yang bagus.

Pertama-tama pilihlah penyedia katering yang terkenal bagus pelayanannya. Sebab, jasa katering yang sudah memiliki reputasi baik berarti sudah banyak dipilih dan dipercaya banyak orang

Kedua pilihlah penyedia katering yang menyediakan banyak varian menu makanan. Mengapa demikian? Karena jika setiap kali resepsi menyediakan menu makanan yang biasa saja, tentu akan membosankan bukan? Dengan menu yang berbeda-beda, anda bisa mendapat asupan makanan dengan gizi yang lebih baik dan tamu undangan lebih senang serta menggugah nafsu makan mereka.

Ketiga yang penting untuk anda lakukan adalah membuat janji dengan vendor catering murah di Jakarta tersebut. Kunjungi vendor di kantor mereka, sehingga anda dapat melihat dan mengamati cara kerja mereka, kebersihan dapur dan kantor, juga kebersihan dan kerapihan para pegawai yang terlibat di dalamnya. Bila anda penyuka kerapihan dan kebersihan, tentu tak akan merasa nyaman bekerjasama dengan mereka yang tak memperhatikan kebersihan dalam menyediakan makanan untuk para tamu undangan anda nantinya.

Keempat, sebelum anda menandatangani kontrak kerjasama, pastikan vendor catering prasmanan di Jakarta yang anda pilih memiliki pegawai yang memadai. Bukan hanya dari segi jumlah, tetapi juga kapabilitas dan profesionalisme mereka dalam bekerja. Ini akan menentukan apakah mereka sanggup menangani pesta anda. Diskusikan terlebih dahulu dengan pihak vendor, apa saja yang anda butuhkan dan pastikan mereka sanggup menangani semua kebutuhan tersebut.

Yang kelima ini sangatlah penting untuk melakukan test food sebelum anda menentukan pilihan. Bila waktu yang ada masih cukup panjang, anda bisa datang ke wedding exhibition dimana vendor catering yang sedang anda jajaki ikut berpartisipasi di dalamnya. Pada saat pameran setiap vendor catering pernikahan di Tangerang, Bogor dan Depok akan menyiapkan cukup banyak makanan untuk para calon pengantin yang ingin melakukan test food. Namun bila waktunya kurang panjang, jadwalkan bersama vendor untuk melakukan test food. Jangan pernah ambil resiko untuk menentukan satu vendor catering tanpa anda melakukan test food terlebih dahulu. Terlebih bila menu yang anda ingin hadirkan tak tersedia.

Yang terakhir, setelah segala yang anda butuhkan tersedia, pastikan harga yang ditawarkan sesuai dengan budget anda. Bila harganya terlalu tinggi sementara anda sudah jatuh cinta pada vendor tersebut, cobalah untuk bernegosiasi. Barangkali ada item yang tidak terlalu penting yang dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan. Bila masih juga tidak sesuai, ada baiknya anda melirik vendor catering lain yang harganya sedikit lebih rendah, namun dengan kualitas yang tetap terjaga.