44932974-1907367149379085-2693914504365867008-n

Menu catering pernikahan di Jakarta sangat beragam. Terlebih lagi, salah satu kunci pada acara pesta pernikahan terletak pada menu makanan yang disajikan pada meja prasmanan/gubukan, terutama makanan utama. Dengan menu catering pernikahan nusantara yang istimewa, pasti akan membuat tamu undangan ikut senang dan tidak jenuh.

Apalagi di Indonesia ini terdapat pula aneka kuliner yang begitu banyaknya, mulai dari masakan yang terlihat sederhana hingga yang nampak mewah. Bagi kamu yang ingin menggunakan jasa catering di Bogor atau catering di Tangerang, tidak ada salahnya untuk mengeksplor terlebih dahulu. Guna mengetahui apa saja menu catering pernikahan nusantara yang sedang populer saat ini.

Biasanya dalam acara pernikahan, menu makanan itu akan disesuaikan dengan tema acara atau budaya daerah kamu tinggal. Supaya acara pernikahan menjadi semakin istimewa dan para tamu undangan merasa puas, berikut adalah beberapa rekomendasi menu catering pernikahan murah di Jakarta yang sedang populer.

  1. Nasi Sayur
    Sudah tidak asing lagi jika didengar oleh penduduk lokal, karena pada dasarnya orang Indonesia sangat membutuhkan yang namanya nasi. Apalagi tamu kamu yang rindu dengan cita rasa lokal, tentunya akan menyukai menu yang satu ini. Selain mengenyangkan, nasi rames juga akan terasa lezat jika dipadukan dengan lauk dan sayur yang tepat. Nasi sayur bisa divariasikan dengan lauk ayam goreng, sayur sambal goreng, acar, kerupuk, dan sambal. Sudah lezat, mengenyangkan juga! Biasanya menu catering pernikahan di Surabaya ini menjadi salah satu kesukaan para tamu undangan. Keuntungan menggunakan menu satu ini adalah selain memanjakan perut tamu, juga bisa menghemat biaya acara pernikahan.
  2. Nasi Rawon
    Nasi Rawon merupakan salah satu masakan yang berasal dari Jawa Timur. Menu satu ini memiliki cita rasa yang khas dan lezat, apalagi jika menu ini disediakan bersama dengan nasi yang masih panas. Menu Nasi Rawon ini juga biasa dijadikan sebagai menu sajian dalam acara pernikahan.
  3. Gado-gado
    Gado–gado merupakan salah satu menu catering pernikahan nusantara yang sangat unik, nikmat, dan lezat. Menu ini dibuat dengan sayuran yang dipotong–potong kecil yang kemudian disajikan bersama dengan tempe mendoan atau telur yang dipotong kecil, tak lupa diberi sambal kacang yang akan menambah cita rasa pada makanan tersebut. Gado–gado sangat cocok untuk disajikan dan menghiasi meja prasmanan dalam acara pernikahan.
  4. Nasi Goreng
    Menu yang satu ini memang sering kita temukan di acara resepsi pernikahan. Akan tetapi, menu catering pernikahan nusantara ini bisa jadi solusi jika kamu menginginkan resepsi pernikahan yang sederhana. Apalagi jika kamu kurang suka dengan hidangan nasi putih yang hambar, maka nasi goreng merupakan pilihan yang tepat, karena selain mengenyangkan, nasi goreng juga memiliki rasa yang lezat!
  5. Siomai
    Mungkin jika mendengar nama makanan yang satu ini sudah tidak asing lagi, karena biasanya makanan ini dijual oleh pedagang kaki lima. Menu yang satu ini sangat cocok disajikan dalam acara hajatan atau pesta pernikahan. Karena selain enak, siomai sangat cocok untuk dinikmati dengan bersantai menikmati hiburan yang ada di acara pernikahan. Biasanya menu catering pernikahan nusantara ini dibuat dengan bahan dasar sayur-sayuran, seperti kentang yang direbus, peria rebus, kubis rebus, tahu rebus, dan juga terdapat siomai yang dibuat dengan campuran kaldu ikan serta campuran bumbu kacang yang kental.
  6. Pecel
    Pecel sendiri merupakan makanan yang memiliki bahan dasar aneka sayur-sayuran, seperti sayur bayam, kol, kacang panjang, tauge, krokot, kenci, dan sayur hijau lainnya. Untuk menambah rasa pada sayuran tersebut dipadukan dengan bumbu sambal kacang yang dicampurkan menjadi satu dengan sayuran tadi. Menu catering pernikahan nusantara ini sangat cocok disajikan dalam acara seperti pesta pernikahan untuk hidangan para tamu. Biasanya pecel disajikan bersama nasi, lontong, maupun aneka gorengan. Makanan ini begitu populer di beberapa daerah, seperti di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Akan sangat cocok sekali jika menu ini menjadi hidangan istimewa pada acara pernikahan di area tersebut.
  7. Nasi Gudeg
    Gudeg adalah makanan khas Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Makanan yang satu ini terbuat dari bahan dasar nangka muda dan dimasak bersama santan. Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat menu catering pernikahan nusantara ini, tapi akan menghasilkan rasa yang manis dan sangat lezat. Biasanya gudeg ini disajikan bersama dengan nasi yang dicampur dengan areh (kuah santan kental), telur bacem, ayam kampung bacem, tempe dan tahu bacem, dan tidak lupa dengan sambal goreng krecek. Masakan gudeg sendiri terdapat beberapa jenis, seperti gudeg kering, gudeg basah, dan gudeg solo. Akan tetapi, kebanyakan para vendor menyediakan menu catering pernikahan nusantara ini dengan varian gudeg kering.
  8. Nasi Liwet
    Menu catering pernikahan nusantara ini bisa dijadikan menu andalan ketika mengadakan acara pesta pernikahan. Nasi liwet ini sebenarnya merupakan makanan khas Solo dan kuliner asli dari daerah Baki, Sukoharjo. Biasanya nasi liwet ini disebut dengan sego gurih atau nasi gurih, yang rasanya gurih karena dimasak dengan kelapa. Nasi liwet ini disajikan bersama dengan sayur labu siam, suwiran daging ayam, dan areh (semacam bubur gurih dari santan kelapa). Menu yang satu ini biasanya disediakan di setiap vendor catering pernikahan nusantara, karena banyak orang yang suka dengan makanan yang satu ini, terutama di daerah Solo dan sekitarnya. Nasi liwet ini akan terasa nikmat ketika disajikan dalam keadaan panas maupun hangat dengan berbagai lauk pauk.
  9. Masakan Tengkleng
    Makanan ini merupakan jenis sup dengan bahan utama tulang dan tetelan kambing. Masakan yang satu ini berasal dari daerah Solo, Jawa Tengah dengan sejarah yang cukup menarik. Biasanya banyak tamu yang sepuh sangat meminati menu catering pernikahan nusantara yang satu ini. Karena selain lezat, masakan tengkleng juga bisa mengenyangkan jika dimakan bersama dengan nasi. Menu yang satu ini bisa menjadi alternatif bagi yang ingin memasak daging kambing, karena tengkleng tentunya akan lebih murah dibandingkan dengan masakan kambing lainnya.
  10. Es Buah
    Minuman yang satu ini sangat cocok untuk mengisi meja prasmanan dan cara membuatnya pun sangat sederhana. Hanya membutuhkan air mineral, Dengan adanya es krim ini akan mendinginkan dan membuat suasana menjadi segar. Biasanya menu catering pernikahan ini sangat cocok dinikmati pada saat cuaca terik.

Mungkin masih banyak lagi macam-macam menu catering pernikahan nusantara yang biasanya menjadi hidangan favorit di dari vendor catering pernikahan. Namun, biasanya beberapa masakan atau menu yang dibahas sebelumnya merupakan makanan yang biasa eksis di meja prasmanan acara pernikahan. Selain murah, dengan menu khas lokal akan lebih memunculkan minat para tamu untuk mencicipinya.

Itulah beberapa menu makanan populer yang bisa kalian coba di Berkah Catering salah satunya, selain menyediakan aneka makanan untuk catering pernikahan, berkah catering nusantara juga memiliki aneka paket pernikahan murah di Jakarta dan Jawa Timur. Paket pernikahan include gedung dan catering dengan harga yang sangat terjangkau !. cuma ada di Berkah Catering – by Berkah Group