Bisnis jasa catering kini makin banyak peminatnya di kota-kota besar seperti Jakarta. Selain berpotensi memberikan keuntungan yang lumayan, menjalankan bisnis ini juga cocok bagi mereka yang punya hobi memasak. Namun jika anda hanya bermodalkan kemampuan memasak, anda tak akan menuai kesuksesan dari menjalankan bisnis ini. Ada banyak hal lainnya yang harus anda persiapkan agar bisnis jasa catering anda bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan.

Beberapa tahun terakhir ini, bisnis katering pernikahan menjadi salah satu bisnis yang sangat menggiurkan. Sebab, hal ini juga seiringnya dengan banyak wedding organizer yang bermunculan yang menawarkan paket lengkap mulai dari dekor hingga katering, sehingga bisa memudahkan konsumen dalam merencanakan pernikahan. Berbicara mengenai bisnis katering pernikahan, siapapun bisa mencobanya, termasuk kalangan anak muda sekalipun. Terpentingnya adalah mampu dalam meracik bumbu dan bahan makanan sehingga menyajikan hidangan yang lezat.

Agar bisnis katering pernikahan cepat maju dan berkembang, berikut terdapat tujuh tips sukses yang perlu diperhatikan menurut berkah catering surabaya , di antaranya:

Lakukan riset

Persiapan satu ini yang sering kali diabaikan oleh pebisnis catering pemula. Padahal hal inilah yang paling penting untuk dijalankan sebelum menjalankan usaha. Persiapan yang dimaksud di antaranya meliputi memantau persaingan yang ada, mencari supplier, dan harga yang ada di pasar.

Tak mengindahkan persaingan akan membuat anda kesulitan mencari pelanggan. Tidak mencari supplier sebelum membuka usaha akan membuat anda sulit memenuhi permintaan pelanggan. Asal pasang harga akan membuat anda merugi atau malah tak mendapatkan pelanggan sama sekali.

Sama seperti bisnis lainnya, bisnis katering pernikahan juga harus menyesuaikan dengan segmentasi pasar. Tentukan siapa yang menjadi sasaran pasar, apakah konsumen kalangan bawah, menengah atau kalangan atas. Cara ini akan membantu Anda saat menentukan menu andalan, menentukan harga hingga melakukan promosi. Jika perlu luangkan waktu untuk mengamati pasar dengan terjun langsung ke lapangan untuk mendapatkan hasil riset yang akurat.

Siapkan modal dan perlengkapan

Tak ada bisnis yang bisa dibangun tanpa modal sepeser pun. Sama halnya dengan bisnis catering. Anda butuh modal untuk sewa tempat, membeli perlengkapan memasak, gaji pegawai, hingga membeli bahan makanan.

Jika sebelumnya anda sudah menentukan target pasar, melakukan riset, hingga mencari pengalaman, maka anda akan lebih mudah dalam menentukan berapa besar modal yang anda butuhkan untuk memulai bisnis anda.

Tiga persiapan sebelumnya juga akan berguna jika anda berencana meminjam dari institusi keuangan seperti bank. Dengan menjabarkan hal-hal di atas dan tahu pasti berapa besar proyeksi keuntungan perbulannya, bank akan lebih mudah memberikan pinjaman modal pada anda.

Merekrut karyawan atau tenaga ahli

Jika yang anda layani adalah perumahan atau arisan, mungkin anda bisa menjalankan usaha ini sendirian atau dengan bantuan keluarga. Namun tak demikian halnya jika yang anda layani adalah perkantoran atau pesta pernikahan.

Di level ini anda butuh orang lain untuk membantu anda memenuhi permintaan pelanggan. Mulai dari memasak, mengemas makanan, hingga mengantar makanan tersebut sudah pasti akan sangat melelahkan jika dilakukan sendirian. Apalagi yang anda layani adalah catering pernikahan untuk 500 orang.

Jasa catering sebenarnya cukup fleksibel untuk masalah perekrutan karyawan. Intinya, jika anda mulai kewalahan dalam memasak, tambah orang untuk membantu anda memasak. Jika anda tak punya waktu untuk mengantar makanan, tambah pegawai dan armada untuk memudahkan pengantaran.

Pertimbangkan Paket Katering yang Menarik

Kebanyakan pebisnis katering memberlakukan adanya menu paket kepada konsumen. Paket ini berisi menu makanan, minuman, snack dan dessert yang ditawarkan dengan harga yang cukup beragam. Anda juga bisa melakukan hal yang sama pada bisnis katering pernikahan yang sedang dijalankan.

Adanya paket katering dipercaya dapat menekan biaya, baik biaya yang dikeluarkan penjual maupun pembeli. Cobalah memadukan menu masakan yang sekiranya sesuai dan saling melengkapi antara yang satu dengan yang lain agar cita rasanya sejalan.

Bukan hanya itu saja, dengan menghadirkan menu paketan ini juga akan memudahkan konsumen dalam pemilihan menu, sehingga bisa menghemat waktu.

Jangan Takut untuk Memulai

Bisnis katering pernikahan membutuhkan modal yang cukup besar. Tetapi ingat, jangan takut untuk memulai. Modal sebesar apapun yang dikeluarkan pasti akan kembali dalam waktu cepat asalkan menjalankan bisnis katering dengan sungguh-sungguh, kerja keras, pengorbanan dan pantang menyerang. Dengan begitu, dijamin bisnis katering bisa sukses dikemudian hari

Menjalankan bisnis yang sesuai dengan passion kita memang menyenangkan. Usaha jasa catering adalah salah satunya. Namun bukan berarti memulai usaha seperti ini bisa sukses jika anda hanya bermodalkan passion.

Lakukan persiapan yang diperlukan sebelum anda memulai bisnis yang anda idamkan. Jadinya, anda bukan hanya menyalurkan passion anda namun juga menjadikannya lahan bisnis yang potensial. Itulah tips yang sudah dilakukan oleh berkah catering (PT. Berkah Catering Nusantara) sebagai pelaku bisnis catering pernikahan di Surabaya